728x90 AdSpace

  • HEADLINES

    6.09.2015

    479 Aktifis Ditangkap Aparat Di Papua

    Tindakan refresif rejim jokowi terhadap aktifis papua
    Penangkapan Aktifis oleh Aparat di Papua, Photo.istimewa
    PPRI PORTAL - Komite Nasional Papua Barat (KNPB) mengeluarkan laporannya berkaitan dengan penangkapan 479 Aktifis oleh Aparat di Papua sejak 30 April - 1 Juni 2015.

    Secara runut laporan itu merincinya sebagai berikut:
    1. Tanggal 30 April terjadi penangkapan di Manokwari, Papua barat sebanyak 12 orang.

    2. Tanggal 1 Mei, 205 orang ditangkap di Manokwari, Papua Barat, di Merauke, 15 orang ditangkap, di Jayapura, 30 orang ditangkap dan pada tanggal yang sama di Kaimana, Papua Barat 2 orang ditangkap. Semuanya berjumlah 264 Orang.

    3. Tanggal 20 Mei 2015 aparat menangkap 75 orang di Manokwari dan di Biak 3 orang dan di Sentani 6 orang.

    4. Tanggal 21 Mei 17 orang ditangkap oleh aparat ditangkap di Biak.

    5. Tanggal 21 Mei 2015, aparat menangkap 27 orang, di Manado 1 orang.

    6. Tanggal 28 Mei 2015, aparat kepolisian kembali menangkap 52 orang di Jayapura, 6 orang ditangkap aparat di Nabire, Wamena 25 orang dan di Yahukimo 2 orang.

    7. Tanggal 1 Juni 2015 1 orang ditangkap.

    Dari total 479 orang yang ditangkap, aparat telah menahan dan menjadikan tersangak sebanyak 4 orang di Manokwari dan 3 orang di Biak dengan tuduhan pasal 160 KUHP tentang penghasutan. (Laporan KNPB Pusat ini dikeluarkan pada tanggal 3 Juni 2015 di Jayapura.)

    Max Lane mencatat ada dua aspek dalam menghadapi masalah rakyat-rakyat penghuni pulau Papua:

    1. Demokrasi : Demokrasi dilanggar sejak awal penentuan nasib sendiri, karena memang itulah watak Orde Baru. Terpaksa harus diulang, sesudah sebuah masa damai (katakanlah 10 tahun) dari represi dan penindasan dan dimana semua pendapat, termasuk pendapat mau merdeka maupun mau berintegrasi boleh merdeka hidup. Berarti SEMUA tapol harus dibebaskan; kemerdekaan berbicara dan berorganisasi terjamin mutlak, sehingga pergulatan selama 10 tahun bisa berjalan damai. Senjata, baik yg repressif dari kekuasaan maupun dari gerakan tak akan perlu.


    2. Nasib masa depan dan kebangsaan : Apakah masa depan rakyat-rakyat penghuni Papua itu akan menemukan masa depan yang baik sebagai negara-bangsa sendiri atau sebagai bagian memperbarui bangsa Indonesia/Nusantara dengan menjalankan penyegaran dan perombakan terhadap politik budaya warisan Orde Baru yang masih berkuasa, baik secara terang-terangan dan vulgar maupun yang diselimuti dengan pencitraan-pencitraan.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Disclaimer : Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan PPRI. Kami berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan.
    Untuk saran, koreksi dan hak jawab, pengiriman press rilis, artikel, photo, silahkan mengirimkan email ke: infoppri2015@gmail.com

    Item Reviewed: 479 Aktifis Ditangkap Aparat Di Papua Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top